Game Developer

Game developer adalah suatu pekerjaan dibidang teknologi informatika khususnya di bidang pembuatan games, pengembangan games dan lain sebagainya yang berhubungan dengan game. Saat ini peminat game developer sangat banyak sehingga peluang kerja seorang game developer pun sangat terbuka lebar.

Salah satu hobi saya bermain game, tetapi bagaimana dibalik pembuatan game tersebut, selama ini saya cuma menikmati game yang sudah jadi. Pastinya kalian pernah merasa kagum dan bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat permainan semacam ini? Profesi game developer di Indonesia cukup berkembang pesat, tetapi untuk sumber daya manusia terbiliang minim, jadi apabila anda mempunyai cita-cita menjadi seorang game developer peluangnya cukup besar. Saat ini sudah cukup banyak studio video game indie di Indonesia yang sudah cukup besar kiprahnya, hingga mampu memperjuangkan arti dan nilai sebuah permainan elektronik yang biasa kalian sebut video game ini tidak hanya di mata masyarakat Indonesia tetapi juga pada dunia.

Peranan apa yang mereka lakukan dalam proses pembuatan game?

Pada awalnya muncullah sebuah ide

Ya, game yang kamu mainkan itu berawal dari munculnya ide tentang sesuatu yang fun untuk dilakukan. Misalnya muncul ide awal seperti ini, “Bayangkan betapa serunya menjadi seorang petualang ala Indiana Jones yang berkelana mencari harta karun.” Nah, imajinasi tentang pengalaman seru itu kemudian bisa jadi titik awal untuk bikin game.

Game designer
Game designer memiliki peranan yang vital dalam pembuatan game. Mirip seperti arsitek yang merancang gedung sebelum dibangun. Seorang game designer harus merancang konsep gamenya dulu sebelum mulai dibuat.

Game artist.
Game artist berperan dalam pembuatan aset-aset grafis yang digunakan untuk mewujudkan elemen estetika (yang diracik oleh game designer) ke dalam bentuk visual.
Aset grafis seperti apa sih yang perlu dibuat oleh game artist? Sebagai gambaran saya ambil contoh dari ide game petualangan ala Indiana Jones tadi, elemen visual yang dibutuhkan misalnya:
Karakter yang dimainkan oleh pemain. Animasi karakter tersebut saat dimainkan.
Musuh yang harus dihadapi pemain.
Dunia tempat si karakter itu berinteraksi.
Efek visual dalam game.
Tadi barulah contoh kecil dari elemen-elemen visual yang perlu dibuat oleh game artist. Masih banyak lagi elemen-elemen visual yang ada dalam game. Karena itu biasanya dalam pembuatan game posisi game artist ini terbagi jadi beberapa disiplin, seperti:

Concept artist.
2D artist.
3D artist.
Animator.

Programmer Game

Waaah.. Ide sudah ada, sudah diolah jadi konsep yang fun dan sudah ada gambar-gambar bergerak yang bisa ditonton di layar. Kok cuma tampilan animasi? Bagaimana cara mainnya nih?

Disinilah dibutuhkan peran seorang game programmer. Game programmer bertanggungjawab untuk mewujudkan ide dan konsep dari game designer tadi menjadi program game. Program game inilah yang nanti dimainkan oleh pemain di perangkat seperti PC, konsol atau handphone. Tanpa unsur interaktif itu, maka ide yang tadi sudah diolah itu hanya bisa dinikmati sebagai gambar-gambar atau animasi saja dan tidak bisa dimainkan sebagai sebuah game.

Apa saja sih yang dikerjakan oleh game programmer? Saya ambil contoh lagi dari ide game petualangan ala Indiana Jones tadi, misalnya:
Programmer harus memasukkan aset-aset grafis dan suara yang sudah dibuat game artist ke dalam program game. Programmer perlu membuat program untuk menggerakkan karakter yang dimainkan pemain sesuai dengan animasi yang sudah dibuat oleh game artist. Programmer perlu membuat program untuk menyimpan skor yang diperoleh pemain ketika bermain game.

Itu tadi barulah sedikit contoh dari apa yang dikerjakan oleh game programmer dalam proses pembuatan game. Masih banyak aspek programming lain yang perlu dikerjakan oleh game programmer. Maka sama seperti game artist, peran game programmer juga terbagi ke dalam beberapa disiplin, seperti:

Gameplay programmer.
User-interface programmer.
Graphics programmer.
Game engine programmer.

Setelah melihat peran-peran yang terlibat dalam proses pembuatan game tadi, apakah kamu tertarik untuk membuat game?

 

Sumber:

http://resariski.wordpress.com/2011/02/25/profesi-dalam-pembuatan-game/

Game Developer, Para Pemeran di Balik Pembuatan Game

Tinggalkan komentar